surat, kurcaci

begini lho kurcaci...

Masa transisi dari masa remaja akhir ke masa dewasa awal (17-21thbagi perempuan dan 18-22Th bagi laki-laki) (‘tidak lepas dari pengaruh lingkungan dan proses sosial seseorang’) dimana pada masa tersebut banyak mengalami proses psikis kaitannya dengan perubahan sikap, hubungan sosial, konflik yang bersifat kumulatif, pola pemenuhan kebutuhan, dll. Dari hal-hal tersebut kita dapat berusaha mengembangkan atau bahkan merubah cara pandang dan pola pikir terhadap sesuatu dilihat dari berbagai sudut pandang. Biasanya masih dalam proses belajar dan pencarian, itu tidak akan pernah selesai begitu saja, nantinya akan ada berbagai perkembangan yang mungkin belum terfikirkan saat ini. berusaha memaksimalkan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik dengan melakukan refleksi atau perenungan dan pengendapan yang diimbangi dengan perencanaan, target, prediksi dan solusi ke depan. Jika hamya melakukan perenungan tanpa di susul prediksi dan solusi malah akan menjadi kebutuhan psikis yang terpenuhi tapi sia-sia dan akhirnya malah menjadi suatu kondisi yang tidak tertata sebelumnya seperti gegabah dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu.

Adalah benar bahwa terdapat remaja akhir yang kesulitan menyusun rencana-rencana meraka sertya menetapkan pilihan, demikian pula dalam persoalan yang dihadapinya. Hal ini disebabkan oleh kondisi-kondisi social, ekonomis atau aspek-aspek psikis lainnya seperti kondisi emosi dan sikapnya. Kemampuan remaja akhir dalam tahun pertama dan seterusnya, jika tidak mendapat gangguan-gangguan lain akan mengalami perjalanan kemampuan berpikir yang stabil.

Disepakati oloeh para ahli bahwa sikap remaja akhir boleh dikatakan stabil. Hal ini berarti bahwa remaja senang atau tidak senang , suka atau tidak suka terhadap suatu obyek tertentu, didasarkan hasil pemikirannya sendiri. Secara umum dapat dikatakan bahwa pengaruh-pengarauh atau propaganda orang lain yang berusaha mengarahkan atau mengubah sikap pendangannya yang diyakini benar, akan dinilainya benar berdasarkan ukuran baik atau buruk, benar atau salah. Pertentangan –pertentangan pendapat dalam hal-hal tertentu dihadapinya dengan sikap tenang, sehingga membuka adanya konsensus.

Perkembangan perasaan remaja akhir juga umumnya telah tenang namun tidaklah menutup kemungkinan adanya bentrok dengan orang lain.

Satu diantara sikap yang kuat dalam masa remaja akhir adalah tertutup terhadap orang dewasa khususnya terhadap pemecahan persoalan-persoalan yang dihadapi. Hal ini timbul karena keinginan mereka menentukan sikap dan keinginan untuk menjadi independent serta memecahkan persoalan-persoalannya sendiri. Biasanya remaja akhir terbuka terhadap teman atau kelompok sebaya dan akrab. Dalam kelompok-kelompok itulah siremaja akhir berdiskusi sampai menghabiskan waktu berjam-jam . problem yang biasa mereka bicarakan biasanya berkisar pada topic-topik falsafah (yang sering merupakan topic utama) hal-hal romans, rekreasi dan kadang-kadang juga perhiasan dan pakaian.

Beberapa minat berkembang dan dikuatkan dalam masa remaja akhir ini adalah minat terhadap lawan jenis, rekreasi, pendidikan, pekerjaan. Minat terhadap lawan jenis diperkuat. Ini artinya bahwa remaja akhir tidak lagi menampakkan pemujaan secara nerlebihan terhadap seorang lawan jenis. Mereka tidak lagi menampakkan”cinta monyet” san telah terikat oleh hububgab yang kuat. Mereka sering merindukan sehingga pergaulan kelompok besar temab sebayanya menjadi agak mengendor. Disamping itu sering pula terjadi apa yang disebut “dating” dimana remaja jatuh hati pada lebih dari seorang lawan jenis. Dalam usaha jalinan cinta seperti ini sering kali mendatangkan rasa geli bagi orang dewasa.

Bentuk lain jalinan cinta remaja akhir adalah “going steady” pilihannya telah relative tetap sebagai pasangan pergi bersama, tidak lagi mudah berganti-ganti kecuali jika ada persoalan serius antara pasangan yang bersangkutan. Dalam hubungan socialnya seorang remaja yang pergi secara tetap dengan teman kencan atau romans secara rahasia dapat mengakibatkan remaj yang bersangkutan terkucil dari kelompoknya…

…Demikian selanjutnya akan dibahas minat remaja akhir terhadap pendidikan, pekerjaan dan rekreasi…juga perkembangan minat dan cita-cita masa dewasa…



Tidak ada komentar: